Maulid Nabi Muhammad SAW



Assalamualaikum wr.wb



Maulid nabi.
Yaa tepat sekali.Hari pertama masuk sekolah di hari-hari terakhir di minggu pertama bulan februari di sekolah lagi ngerayain Maulid nabi. Yang di tahun 2013 ini jatuh pada tanggal 24 Januari . Saya selaku siswa dan umat islam yang baik ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan di sekolah+lingkungan rumah  dengan baik.(Alhamdulillah yah) J J
Maulid Nabi, kalian sudah tahu tentang perayaan maulid nabi atau lebih tepatnya muludan??
Ada yang sudah tahukah??
Mari saya jelaskan ,walau sebenarnya saya juga belum terlalu paham. Tapi memaksimalkan kan gak masalah yah? J
Maulid Nabi Muhammd SAW (مولد النبي mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Negara kita ini Negara tercinta alias Indonesia perayaan jatuh pada setiap tanggal 12 Rabbiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid or milad itu dalam bahasa arab diartikan sebagai hari lahir.
Perayaan Maulid Nabi Muhammad merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat.
“Lo kenapa perayaan Maulid Nabi Muhammad berkembang setelah beliau wafat? Memangnya pada jaman beliau hidup tidak ada tradisi perayaan seperti jaman sekarang tho??”
Yak pertanyaan yang bagus, memang ketika pada masa Nabi Muhammad SAW ataupun pada masa sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW tidak pernah ada perayaan seperti di jaman sekarang ini.
 Secara khusus, Nabi Muhammad SAW memang tidak pernah menyuruh hal-hal demikian. Karena tidak pernah menyuruh, maka secara spesial pula, hal ini tidak bisa dikatakan "masyru'" [disyariatkan], tetapi juga tidak bisa dikatakan berlawanan dengan teologi agama. Yang perlu kita tekankan dalam memaknai aktifitas-aktifitas itu adalah "mengingat kembali hari kelahiran beliau --atau peristiwa-peristiwa penting lainnya-- dalam rangka meresapi nilai-nilai dan hikmah yang terkandung pada kejadian itu".
“Lah terus nilai-nilai dan hikmah yang seperti apakah yoo yang bisa diambil dari peristiwa itu??”
 Misalnya, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Itu bisa kita jadikan sebagai bentuk "mengingat kembali diutusnya Muhammad SAW" sebagai Rasul. Jika dengan mengingat saja kita bisa mendapatkan semangat-semangat khusus dalam beragama, tentu ini akan mendapatkan pahala. Apalagi jika peringatan itu betul-betul dengan niat "sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW". 
Cintaa??yak cinta seperti ceramah tadi pagi yang  saya dengar di sekolah dalam rangka perayaan Maulid  Nabi.
Cinta kita terhadap Rosul itu jangan sampai  terkalahkan  oleh rasa cinta kita terhadap makhluk. Nanti dulu maksudnya makhluk apa ya?? Maksudnya manusia, contonya ya sama pacar+idola. Terkadang orang itu suka berlebihan alias lebaaayyy  J . padahal khn gak boleh seperti yang di katakana barusan. “cinta kita terhadap makhluk jangan sampai melebihi cinta kita terhadap Rosul,karena mencintai Rosul sama saja dengan kita mencintai Alloh SWT.
Biasanya kalo cinta harus dengan bukti.bukti yang seperti apakah cinta kita terhadap Rosul??
Temen-temen gak usah susah payah cari Nabi dan Rosul Alloh SWT, karena dengan kita sering membaca sholawatan saja itu sudah salah satu bukti kecintaan kita terhadap Rosul. J J

Demikian semoga bermanfaat J J J
wassalamualikum wr.wb

sumber : google.com




Previous
Next Post »
Thanks for your comment