Puasa




Hari pertama puasa nih, harus semangat doong pastinya. Iya gak?? :c:  tidak terasa sudah tiba bulan Ramadhan lagi, bulan suci yang penuh berkah ini. Alangkah bahagianya dan bersyukur pada Allah SWT, karena apa?? Karena kita semua masih bisa di beri kesehatan dan kesempatan untuk menjalankannya . Alhamdulillah :h:
Waktu kecil dulu alias masih berumur 4tahunan saya sudah di perintahkan oleh ke-2 orang tua saya untuk berpuasa, ya semampunya si. Saya inget saya paling poll itu  sampe ashar. Tapi itu udah termasuk istimewa untuk anak-anak seumur segitu. Ibu selalu bilang, “ayoo nak , pasti kamu kuat kok”. Ibu selalu dukung saya. Itu salah satu motivasi untuk saya menjalankan puasa. Dan yang tidak akan saya lupakan adalah saat ibu menuntun saya untuk berniat saat sahur. Niat untuk puasa maksudnya. :h:
Menurut teman-teman Puasa itu apa si??
apa hanya menahan lapar dari makan dan minum? Atau  apa teman-teman? Ada yang tahukah? Kalo gitu langsung saja di postingan ini saya akan sedikit membahas tentang Puasa di Bulan Ramadhan . cekthisout,,
Sahabatku , jadi Puasa itu tidak hanya menahan dari makan dan minum tapi dari semua hawa nafsu dan semua anggota tubuh kita. Anggota tubuh? Maksudnya gimana? Ginilo  anggota tubuh kita juga harus ikut berpuasa, diantara mata, telinga, hidung, tangan , kaki , mulut dan lidah dll. Contohnya kalo mata jangan digunakan untuk melihta sesuatu yang jelek atau untuk memandang sesuatu dengan syahwat dengan penuh nafsu. Untuk tangan , jangan digunakan unutuk memegang yang jelek, seperti yang bukan muhrimnya. Telinga,hindarkanlah dari sesuatu yang jelek, seperti mendengarkan sesuatu yang bebau gossip / ghibah. Dan mulut dan lidah, hindarkan dari menggosip/ mengadu dombakan orang lain.
Dan jikalau kita sedang dalam keadaan marah , alangkah baiknya kita berwudhu. Karena api yang sedang membara dalam tubuh kita akan padam apabila disiram dengan air. Intinya berpuasa itu tidak hanya menahan makan dan minum tapi menjaga seluruh hawa nafsu . apabila kita hanya menahan makan dan minum dan kita tetap suka marah-marah atau kita tidak menjaga lisan kita, itu artinya kita hanya mendapat lapar tanpa pahala. Untuk itu rekan-rekan , jagalah semua perkataan dan perbuatan kita, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Mungkin dicukupkan sekian dari saya, semoga bermanfaat. Amin…  :h:
Previous
Next Post »
Thanks for your comment