SOAL MID SEMESTER AGAMA ISLAM (Semeter 1)







  1. Ketika Allah menurunkan islam kepada Nabi Muhammad Saw, pada masa itu sudah terdapat banyak agama, baik agama natural/alamiah maupun agama samawi yang diturunkan Allah kepada Nabi-nabi sebelumnya. Kenapa Alloh masih menurunkan Islam, untuk apa tujuan Islam diturunkan dan apa perbedaan Islam dengan agama sebelum Islam.

    2. Secara natural atau alamiah tidak ada manusia yang tidak percaya kepada Tuhan, orang Arab jahiliah juga percaya pada Allah, Iblis-pun percaya kepada Allah, bahkan Fir’au sekalipun ketika akan tenggelam dilaut merah juga berkata “Inni amantu birabbi Musa wa harun”(saya juga beriman pada Tuhannya Musa dan Harun) akan tetapi Al-Qur’an mencap mereka sebagai orang yang tidak beriman. Kalau begitu apa yang dimaksud dengan iman dan bagaimana makna iman untuk kontek kekinian?

    3.Apa yang dimaksud Ihsan dalam hadis Jibril, dan jelaskan makna keindahan moral atau moral yang indah dalam kehidupan sekarang jika dikaitkan dengan konsep ikhsan tersebut?

   4.Apa yang membedakan sebuah tindakan ditinjau dari aspek moral , etika dan akhlaq, jelaskan dan beri contoh masing-masing tindakan tersebut.

  5.Jelaskan perbedaan mendasar antara paradigma Islam, Sekuler dan Materialis terkait tentang apa dan siapa manusia dan tujuan hakiki dari penciptaan manusia?


 6.Islam mengajarkan keseimbangan antara hak dan kewajiban, seseorang tidak akan mempu memenuhi hak dan tanggung jawab terhadap orang lain jika ia tidak dapat memenuhi hak dan tanggung jawab terhadap dirinya. Jelaskan tanggung jawab manusia sebagai hamba Allah, hak dan tanggung jawab manusia terhadap kamanusiaan?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment