KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS "BISNIS ONLINE"

TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS
KARYA ILMIAH TENTANG
“BISNIS ONLINE”


 







OLEH :
NAMA                : LITA AMALIA SEPTIANI
NIM                     : 14.11.8290
KELAS               : S1 – TI - 11



STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2015





BAB I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
 Seturut perkembangan jaman yang menuntut perubahan di segala aspek kehidupan, peran serta masyarakat sangatlah penting guna membangun perubuhan menuju arah yang modern. Dunia perekonomian, merupakan salah satu dari berbagai aspek yang mengalami perkembangan guna memenuhi tuntutan jaman. Dalam dunia perekonomian, tidak pernah terlepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan usaha perdagangan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang guna memperoleh laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang disebut bisnis.
        Bisnis diera modern mengalami perkembangan yang pesat, mulai dari media yang digunakan dalam berbisnis maupun sesuatu yang diperdagangkan. Dulu, bisnis hanya dilakukan secara tatap muka, namun kini mulai muncul bisnis dengan media maya yang disebut bisnis online. Bisnis online merupakan bisnis yang kerap menjadi buah bibir dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan banyak merebaknya bisnis online. Oleh karena hal itu, penulis ingin membahas mengenai bisnis online.


I.2 RUMUSAN MASALAH
1. Apa itu bisnis online?
2. Bagaimana cara memulainya?
3. Bagaimana kelebihan dan kekurangan bisnis online?
4. Bagaimana cara meningkatkan bisnis online?

I.3 TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengetahui apa itu bisnis online
2. Cara memulai bisnis online
3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online
4. Cara meningkatkan bisnis online

I.4 Manfaat
Dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi penulis tentang bisnis online dan bagaimana cara memulainya, mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam bisnis online dan tahu bagaimana cara meningkatkan bisnis online.



BAB II
ISI

II.1 Pengertian Bisnis Online
            Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online yaitu menggunakan internet. Dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih semua dapat mengakses dan memanfaatkan internet untuk berbagai hal salah satunya adalah untuk berbisnis online.
          Berbisnis online selain mempermudah cakupan jangkauan konsumen, juga memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha bisnis online. mengapa demikian? Alasannya karena, dalam media online, seorang pengusaha bisnis online tidak perlu membayar pajak untuk mempromosikan barang yang mereka jual, ataupun jasa yang mereka berikan.Oleh karena itu, berbisnis online sepenuhnya sangat menguntungkan bagi pengusaha online.
II.2 Cara Memulai Bisnis Online
Untuk memulai bisnis online yang pertama adalah menentukan produk atau jasa kita yang bisa kita jual di internet. Setelah itu membuat website. Menurut saya website sangatlah penting, di website yang kita buat bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang akan di tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spsifikasi. Foto produk juga sangatlah penting untuk berjualan online agar orang-orang/ calon pembeli bisa melihat dengan jelas apa yang kita tawarkan atau produk apa yang akan ia dapatkan nantinya, hingga mereka tertarik untuk membelinya . Tinggal pilih saja pembuatan websitenya, baik berupa toko online atau website penjualan yang sederhana.
II.3 Kelebihan dan kekurangan Bisnis Online
1.     Kelebihan bisnis online
a.     Target pemasaran lebih luas
Berbisnis online bisa membuat pasar (penjualan) lebih luas lagi karena pasar bisa menjangkau seluruh pasar Indonesia langsung maupun yang lebih luas lagi ke pasar seluruh dunia tanpa merasa sulit. Karena kita bisa mengakses internet kapan dan dimana saja.
b.     Lebih simple
 Bisnis online sangatlah menguntungkan, calon pembeli atau pelanggan kita bila ingin membeli produk atau jasa kita hanya dengan melalui online atau dengan melihat website kita kapanpun dimanapun tanpa harus repot-repot datang ke toko / tempat usaha kita.
c.      Modal Relatif  Kecil
Dari segi ini mungkin ada yang membantah bisnis online juga butuh modal besar. coba berapa biaya koneksi internet anda? Jika anda pergi ke warnet tiap hari ber jam-jam betul memang tetapi jika anda melakukannya dengan sebuah konsep semua biaya tersebut dapat di minimalkan dan ingat, modal untuk gabung di bisnis online relatif lebih murah di banding bisnis offline yang harus keluar jutaan rupiah.
2.     Kekurangan bisnis online
a.     Internet mahal
Modal yang utama adalah koneksi internet, yang di Indonesia masih lumayan tergolong mahal.
b.     Sulit membangun kepercayaan
Kepercayaan merupakan modal utama untuk melakukan suatu transaksi. Tanpa kepercayaan, konsumen akan takut atau ragu untuk melakukan transaksi.
c.      Perlunya Koneksi Yang Luas
 Penjual bisnis online, perlu memperhatikan pergaulannya dalam masyarakat. Mereka perlu memiliki koneksi yang luas agar banyak pembeli dan tidak dikatakan kuper.


III.4 Meningkatkan Bisnis Online
1.     Memiliki e-mail, baik yahoo, gmail atau lainnya
Email adalah surat elektronik yang berguna untuk komunikasi perantara pesan kita, serta syarat untuk memiliki atau membuat akun lainnya.
2.     Memiliki sebuah web atau blog
Seperti yang sudah dijelaskan diatas , bahwa memiliki sebuah web atau blog sangatlah penting yaitu sebagai alat promosi atau pengenalan produk atau jasa yang kita jual, dan banyak lagi hal yang bisa kita maksimalkan dari web atau blog itu sendiri.
3.     Promosi
Okee promosi, promosi sangatlah mudah yaitu dengan memaksimalkan apa yang kita punya. Seperti jejaring sosial baik itu Facebook, twitter, line, Instagram, Path, BBM, watsapp dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena sudah terbukti, warga indonesia baik muda, tua ataupun anak-anak sudah banyak yang bermain jejaring sosial tersebut. Jadi sangatlah banyak sasarannya untuk mempromosikan produk atau jasa kita pada mereka lewat jejaring sosial.
4.     Memilih
Sebelum itu semua yang diatas, seharusnya terlebih dahulu ada memilih produk atau jasa yang akan kita tawarkan atau kita jual. Ada banyak sekali yang bisa kita tawarkan lewat internet/online diantaranya seperti aksesoris, fashion (pakaian, sepatu, jilbab, dll), desain, elektronik dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita tinggal memilih saja.
Sebenarnya masih banyak strategi pemasaran yang dapat kita lakukan . namun yang paling utama adalah jujur.
5.     Jujur
Jujur adalah modal akhir dan senjata paling ampuh untuk sukses dalam berbisnis. Maksudnya adalah tidak melakukan pembohongan terhadap pelnggan kita, dan jasa atau produk yang kita jual benar dan baik adanya (tidak menipu / kwalitas kurang baik).
Aktivitas apapun yang kita jalankan sebenarnya memiliki risiko, terlebih lagi untuk sebuah usaha yang dijalankan dalam upaya mewujudkan sebuah kesuksesan dalam hidup. Bisnis adalah pekerjaan penuh risiko, inilah yang menjadi alasan utama orang-orang yang enggan menekuni dunia bisnis. Bisnis adalah pekara untung-untungan yang penuh dengan risiko. Risiko bisnis yang paling parah adalah saat kita mengalami gulung tikar atau bangkrut. Kebangkrutan biasanya juga sebanding dengan skala usaha yang kita jalankan.





BAB III
PENUTUP
IIII.1 Kesimpulan
       Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui media maya. Dalam bisnis ini, memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan guna membuat bisnis berjalan baik dan memperoleh laba yang diharapkan. Namun selain itu, kita juga perlu menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam berbisnis online.

IIII.2 Saran
        Bagi pembaca, sebelum membuat suatu bisnis, sebaiknya mempertimbangkan segala resiko yang akan dihadapi di kemudian hari, supaya bisnis yang akan dijalankan berjalan sesuai dengan harapan.
        Bagi penulis, penulis menyadari banyak kekurangan dalam karya ilmiah ini, oleh sebab itu kritik dan saran anda berguna bagi penulis guna menunjang kesempurnaan karya ilmiah ini.


SUMBER
-          S.Pd., BA, Mahmud Machfoedz. 2005. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment